Kamis, 22 Januari 2015

JALAN PENDAKI (?)


 
Butuh sandaran? Stock kami bukan stock pasaran.

“Ngapain sih Cak? Orang ngumpulnya jam 15.00, kita jam 15.30 aja baru mau jalan” ujar gw ke Cakra, sobat in crime gw. Yup, saat itu entah dihipnotis siapa, Cakra tiba-tiba ngajak gw buat ikut Kopdar suatu komunitas yang disebut Jalan Pendaki(?). Dari namanya sih pasti kumpulan orang-orang yang suka mendaki, udah senior melanglang buana dengan sejuta cerita dan pengalaman maju mundur jatuh bangun chantique~ chantique~. Dibandingkan dengan gw -dan Cakra- yang notabennya mendaki pun masih …….. udah gausah dibahas. Cheteque.

Saat itu Cakra udah gabung ke group whatsappnya Jalan Pendaki (selanjutnya disebut Japen), jadi sambil nyetir (harusnya ga boleh sih) dia ngabarin orang-orang yang udah kumpul di Perpustakaan Pusat UI Depok (PP-UI) –sebagai tempat kopdar- bahwa kita bakal dateng telat, dan masih ditunggu atau ngga. Dan gayung terjatuh, petjah, kita bakal ditungguin.
“Udah dateng aja, masih ditungguin kok katanya” Rayu Cakra.
Aku pun terbuai bujuk rayunya. Hatiku memang rapuh, mudah dirayu.
Saat itu gw emang males-malesan buat dateng, ga kenal siapa-siapa, Jalan Pendaki apa, yang paling malesin.. gw dateng ama Cakra, berdua, laki-laki, gandengan tangan dengan baju couple (yang ini ngga kok).. fix lah udah, kita kaya Hom…

…pimpa Waalaikumsalam.

Karena katanya yang dateng disuruh bawa sesuatu buat tuker kado, mampirlah kita di Alfamart Kober buat beli sesuatu yang ngga lebih dari Rp 10.000. Gw beli sikat gigi+odol travelling paketan –yang lagi diskon- dan Cakra kalo ga salah beli Kopi (yang dapet mungkin semesta mendukungmu jadi mbah dukun).
Kelar urusan kado, dan membungkus sebisanya, merasa bersalah kalo gw dateng tapi gatau siapa tuan rumah, mulai browsing lah gw tentang Jalan Pendaki… disitu terpampang hina siapa penulisnya…
Sepertinya familiar.. Wajah itu.. Pose itu.. Tulisan itu…

Holly Cow!!! (Please Endorse Gw)

Jalan Pendaki adalah Blog yang menuntun gw -dengan nekat- menjadikan Gunung Guntur sebagai Gunung pelepas keperjakaan gw sebagai anak rumahan –yang nekat naik gunung- -Guntur pula-
 “OOOOoooooo…ini Jalan Pendaki? Ini mah blog yang gw baca pas pengen ke Guntur” ujar gw ke Cakra.
Gw lupa apa kata Cakra selanjutnya..skip skip skip..lalu kita sampe di PP-UI...

...kaya pasangan Homo.

Sampe di PP-UI, kita kenalan sama beberapa orang, dan udah kebiasaan gw, abis kenalan, jabat tangan, senyum ramah, kemudian lupa namanya haha..
Sesaat kemudian, karena gw sama Cakra dateng telat, kami disuruh perkenalan..
“Assalamualaikum, nama saya Achmad, tinggal di…..kuliah di….bla bla bla.”
“Alasan gabung Jalan Pendaki?” ujar salah satu peserta
“Jalan Pendaki tuh jadi blog acuan gw pas naik ke Guntur” ujar gw semangat (baru Guntur aja bangga. Cih)

Lagi duduk-duduk nunggu temen yang sholat, di samping gw ada yang nanya (sorry lupa siapa): “Mas Acen mana ya?”
“Ha? Acen? Itu Acen….(jawab gw sambil nunjuk pria gombyor dengan air muka kaya Ibu-Ibu Korea)”
“Itu mah bukan Mas Acen.” Jawabnya
“Oh” kata gw. Singkat.
Lalu siapa itu Acen?
Siapa orang yang gw tunjuk barusan sebagai Acen wannabe?


BERSAMBUNG


Ngga deng. LANJOET!

Seperti gw bilang, gw ga kenal siapa-siapa, jadi gw sok tau aja nunjuk asal orang sebagai Acen. Kemudian salah. Salah Acen sih mukanya ga jelas, ga unik sehingga ga gampang diinget dan mudah dilupakan. Makannya kalo foto jangan samping muka aja.

Gaya Andalan Acen Trisusanto

Waktu berlalu, tuker kado udah, foto udah.. dan kita diajak ke Margo. Sempet mau cabut tapi akhirnya kita tetep dateng. Gw ama Cakra emang gitu, baik hati dan tidak sombong. Lulusan Trisakti sih. Keren.
HA.!

Di Margo gw ama Cakra langsung menuju Toko Buku Gunung Agung, gw lupa alasannya, tapi gw beli buku Penunggu Puncak Ancala..yoman, salah satu penulisnya si Acen Acen itu…
Abis beli, Cakra nyuruh gw minta tanda tangan penulisnya, Acen, Trisusanto.. Asep sih nama aslinya.. Asep Trisusanto.
Karena gw males minta tanda tangan, merasa ga penting juga, maka Cakra lah yang minta tanda tangan dengan buku yang gw beli. Sambil di tanda tangan oleh Acen, gw sambil melihatnya merawanin buku baru itu…

Sret..Sret..Sret..goresan bolpoin di halaman terdepan Buku Penunggu Puncak Ancala

To: CAKRA tnx ya udah beli buku gw…la la la…

Oke, buku yang gw beli, ditujukan kepada Cakra.

Aku.
Sakit.
Hati.

Tapi yaudahlah, akhirnya buku itu dibeli Cakra, dan gw pinjem dulu buat dibaca. Egois memang.

Buku Langka

Dari pertemuan di Margo itu akhirnya gw familiar sama yang namanya Bang Acen.
Lah terus orang yang gw kira sebagai Acen siapa? Jangan-jangan….dia….

Okeh, kelar dari kopdar pertama itu, gw join ke watsap Japen. Mulai chat dengan pembawaan gw, Achmad, yang masih lugu, polos, suci dan ramah.. emang sekarang Achmad kenapa?
Oke, kembali ke awal-awal gw gabung sama Japen, karena belum kenal dan lupa nama gw liatin satu-satu profil picture anak-anak Japen.
Mau tau siapa yang gw kira sebagai Acen waktu Kopdar?
Dia adalah Aid. Haha.. (Mau tau seperti apa bentuk Aid? Gabung dong sama groupnya Japen)

Mana Aid?

Hari berlalu, gw udah pergi entah kemana, salah satunya ke Kawah Putih, Bandung. Sampe Depok lagi pagi, jam 7-an kalo ga salah. Ngantuk, capek, kumel.
Dan di grup Japen ada ajakan kunjungan ke Museum Nasional.
Kemudian gw ikut, haha.. gw bingung sih kenapa dengan mudah gw ikut padahal itu baru banget dari Bandung, kira-kira 2 jam sebelum jam meeting point di stasiun.

Takdir. Mungkin.

Yoi, itu adalah jalan pertama gw bareng anak Japen meski ga full team. Ga ada yang gw kenal tapi udah berasa kenal dari lama.

"Kita semua ga kenal satu sama lain, tapi udah berasa kenal lama ya?" kata-kata itu juga yang diucapkan Bang Acen waktu di Margo ke kita-kita yang lagi kumpul.

Well, terbukti abis itu gw ikut lagi perjalanan bareng Japen ke Goa Gudawang di Bogor, nganter anak Japen ke Leuwi Hejo dua kali.. Iya, DUA KALI, kurang sayang apa gw sama mereka. Kemudian menjadi bagian panitia Kopdar Akbar Japen di Code. Dimana saat itu gw udah berubah menjadi Robot Gedeg.. No, gw diangkat menjadi Wakil Ketua.. Dengan alasan pemuda tampan, rajin, baik hati ini sayang kalo cuma jadi anggota, harus di-tipu-dayakan. Cih!

Kopdar Akbar Japen..Siapa Akbar?

Seperjalanan waktu bersama Japen, yang ga terasa baru sebentar, tapi rasanya sudah lama kenal, ternyata sudah banyak kegiatan yang dilakukan baik dalam hal travelling maupun kegiatan sosial.
  1. Buka Puasa bareng, ini pertama kali gw menginjakkan kaki di Kosan Bang Acen. Tanpa Cakra. (pria yang menjebloskan gw ke komunitas ini)
  2. Peduli Sinabung yang dadakan tapi Alhamdulillah sukses besar.
  3. #desemBerbagi Banjarnegara yang bikin terharu karena animo dari kawan-kawan sangat luar biasa. 
  4. Kuliner Mie Aceh yang awalnya Cuma berapa orang, mendadak jadi Invasi besar-besaran warga Japen ke Depok. 
  5. Baduy, dimana gw dan Cakra menghancurkan rencana perjalanan mereka. 
  6. Kopdar Gunung Kencana yang jadi Kopdar camping pertama Japen. 
  7. Mendadak ke Gunung Munara yang baru direncanakan pagi, pasca tepar malam tahun baruan di rumah gw.
Celakanya, dengan diketahuinya lokasi rumah gw, pernah ada kunjungan dadakan mereka ke rumah gw –disaat gw lagi bobo cakep-, awalnya cuma beberapa orang, kemudian kembali diinvasi warga Japen lainnya dari berbagai sudut kota. Ah, dan alamat rumah gw dijadiin alamat Redaksi #JapenMagz. Fiks bakal jadi basecamp kedua setelah Kosan Bang Acen yang konon katanya menyerap kadar kejombloan di dalam dirimu.

Pokoknya gabung sama Japen bakal banyak bertebaran perjalanan dadakan, racun mematikan, dan…..serpihan hati yang hilang. KA-TA-NYA.
Singkat cerita, entah berawal darimana kepribadian gw berubah, dari jaim, berwibawa, sopan, santun, dan ramah, mendadak jadi tukang bully di group. Jempol ku berubah jadi nista dan biadab. Iya, kamu yang mau gabung sama Japen emang harus didampingi orang tua dan pemuka agama agar tidak terhanyut dalam pergaulan bebas ini.

Prinsip di Japen: Kamu lengah = Kamu punah
Well, Japen secara entah bagaimana jadi bagian perjalanan gw dalam mengupas indahnya bumi pertiwi ini. Keluarga baru. Kawan baru. Tempat jalan baru. Dan guru baru. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari para anggota Japen yang berasal dari berbagai profesi, ada Jomblo, Jomblo, Jomblo, Jones, Single, Senior, Baper. LAH?!

Jadi, apa kataku tentang Jalan Pendaki ?
Bukan hanya Jalan dan bukan sekedar Pendaki.

Kalo menurut kamu?

Gw hampir menghancurkan rencana perjalanan mereka XD
 
Karena ajakan makan Mie Aceh, Depok dijajah

#desemBerbagi Banjarnegara

Demi mereka 3x ke tempat yang sama..dengan cerita yang berbeda :)

Kopdar di Gunung Kencana
Jadi gimana?

DIAM DISINI ATAU IKUT BERSAMA KAMI

9 komentar:

  1. Balasan
    1. Eh Om Founder Japen.. Apa kabar? Lama ga jumpa (padahal mah eneg lo lagi lo lagi)

      Hapus
  2. Balasan
    1. Masih kak, kan operasi ke Singapura biar kembali rapeut dan keseut..

      Hapus
  3. Ibu-ibu koreanya plisss mana?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tadinya mau dipublish tapi takut dilempar pake Kimchil..

      Hapus
  4. maju munduurr .. maju munduurr .. chantiquee .. chantiqquee ..
    #NyampahBangetYeh? nghahaahaha ..

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus