Senin, 02 Maret 2015

SEMERU (PART 1) : DALAM PERJALANAN


Gara-gara 5 cm


Suatu masa ..
disaat gw habis nonton film 5Cm di bioskop ..

Subhanallah. Gw merinding liat pemandangan-pemandangan nan cantik di film itu, Raline Shah, Pevita Pierce, G-String Merah (eh) ...lupakan... Pokonya gw tercengang melihat keindahan luar biasa yang ditampilkan di layar bioskop, Indonesia tuh.??? Luar biasa..

Seusai nonton film itu, gw berpikir kapan gw bisa kesana? Bisa ga ya? Kayanya susah banget, harus siap mati, punya warisan, dan ga punya utang.. Tapi pasti bisa, gw kan laki-laki yang tomboy, eh, macho, eh, keren, ah bodo amat lah.. gw harus kesana, entah kapan. Tapi harus.

Yup, buat gw pribadi menuju Gunung Semeru menjadi salah satu hal yang harus gw lakukan sebelum mati. Ini gara-gara film 5 Cm, gw akui film itu yang bikin gw memulai satu langkah untuk menjelajah keluar rumah lebih jauh.. Ada yang bilang gara-gara film itu sekarang banyak pendaki dadakan lah, atau apalah.. ITU GW BANGET. Kalian secara tidak langsung udah ngebully laki-laki lemah kaya aku. Tengs..

Di bayangan gw, Gunung Semeru adalah sosok gunung yang maha dahsyat yang butuh persiapan khusus buat kesana, maka dari itu sebelum terjun ke medan perang, gw mempersiapkan diri dengan olah raga dan pemanasan dulu ke gunung/tempat lain yang bisa bikin gw beradaptasi sama sesuatu yang ke-gunung-gunungan..

Alhamdulillah, berawal dari keinginan kimchil, eh, kecil itu gw mendadak jadi petualang jadi-jadian dengan harapan, saat kesempatan menuju gunung tertinggi di Pulau Jawa itu datang, gw udah siap…
Eh tawaran itu dateng tiba-tiba disaat gw belum siap-siap amat.




AGUSTUS 2014

"Yang mau ke Semeru, kirimin foto copy KTP sama transfer uang ya buat beli tiket kereta, kita berangkat Desember…" Pesan Kang Tebe via Group di Whatsapp.

"Anjrit, Semeru banget nih?" Ujar gw dalam hati. Dadakan banget.. Desember pula, apalagi Desember adalah saat-saat moment UAS dan jadwalnya belum terlihat tanggalnya kapan, musim hujan pula..

Setelah berpikir, eh ga mikir juga sih, berbekal sedikit pengalaman ke gunung-gunung yang deket sama rumah, Gunung Agung (Toko Buku) misalnya, dengan mengucap Bismillah, gw iya-in ajakan itu, dengan nekat foto KTP gw kirim dan uang tiket kereta gw transfer.

Bodo amat!


Beberapa hari sebelum keberangkatan

Intensitas hujan naik, bencana alam dimana-mana, status Gunung Semeru yang simpang siur, kabar penutupan kawasan Semeru, dan ke-riweuh-an lainnya, gw mulai mempersiapkan diri dengan ilmu ikhlas kalau-kalau harus cancel atau nyari gunung lain untuk dikunjungi…tapi rata-rata tutup semua karena musim hujan .. Mantap ..

Tapi Alhamdulillahnya, jadwal UAS gw udah keluar.. Dan gw (kalau jadi) bakal ke Semeru 2 hari setelah UAS terakhir gw.. Luar biasa, seakan-akan diberi petunjuk “jangan-lihat-dulu-nilai-UAS-mu-nak-pergilah-ke-gunung-lalu-terjun-ajah-kaya-nilai-UAS-mu”

“Bismillah aja” kata Kang Tebe, menanggapi semua cobaan beberapa hari sebelum keberangkatan ke Semeru.

Oh iya, jadi tim Semeru kali ini beranggotakan 7 orang, 3 orang udah gw kenal lebih dulu saat open trip ke Papandayan: Mamah Dede(h), Kang Tebe, dan Sang Ratu, Dian.. 3 orang lagi adalah temen-temennya Kang Tebe: Kang Away, Kang Ilham, dan Frisca .. kita semua dipersatukan dalam grup whatsapp berisi belasan orang yang ikut ke Semeru, tapi berakhir dengan 7 aja.. 7 kurcaci.. haha..

Persiapan jelang keberangkatan dibicarakan di grup whatsapp, meeting point, barang bawaan, dan perintilan lainnya..karena ada Dian dan Kang Tebe, gw merasa gw akan terjamin kehidupannya selama disana, konsumsi dan perkakas, mereka berdua udah tau yang ku mau…

Belum mandi sejak - 1945


24 DESEMBER 2014 : HARI KEBERANGKATAN

Perjalanan menuju Semeru akan memakan banyak tenaga. Kenapa? Karena kami kehabisan tiket kereta perjalanan dari Stasiun Senen. Wajar sih karena kita berangkat sehari sebelum Hari Natal dan merupakan long weekend.. Walhasil, kami harus naik kereta dari Stasiun Kiara Condong, Bandung, yang artinya, gw harus menuju Bandung...dari Depok.

Meeting Point buat tim non-Bandung disepakati di Terminal Bus Leuwi Panjang..
"Mat, berangkat jam berapa?" Tanya Dian di Grup Whatsap
“kereta berangkat jam 5 subuh kan? Gw berangkat jam 21.00-an mungkin, naik bus dari terminal Depok biar nunggu keretanya ga kelamaan, kalo bisa sampe sana langsung naik kereta, terus tidur. Haha” bales gw dengan polosnya..

“Kalian?” tanya gw..

Dian, Kang Tebe, sama Teh Dede emang satu wilayah, Bogor, jadi mereka bertiga akan berangkat naik Bus bersama dari Bogor sekitar jam 19.00.. Sedangkan gw? Sendirian. Udah biasa. Tengs.

“Buru-buru amat” Pikir gw saat itu.
“Jangan kemaleman Mat, takutnya ga dapet angkot buat ke stasiunnya dari terminal. Kita nanti langsung nunggu di stasiun aja sekalian packing ulang”

“Oke, Selow” balas gw singkat .. 

Sore hari jam 17.00-an lewat, packing 80% kelar, tinggal nanti beresin sisa-sisanya, mari kita santai-santai…meregangkan otot yang habis packing dibikin ribet ala gw. Sambil makan cantik, duduk manis, nonton tv, hahahihi, gw iseng-iseng browsing jadwal Bus Depok-Bandung ...


…..loading…..


La La La …


“ Pemberangkatan terakhir …. Pukul 19.00 “ 


Jam menunjukkan pukul 17.45 dan gw belum ngapa-ngapain. Mandi belom, packing final belom, izin pun belom.

Ala incess uching..

Gw berasa dijepit dadanya duo srigeleuh kemudian sambil di dribble ke ruangan sempit ..

Kemudian ..

Ada Dijah Kuning.

Aku ..
Mau ..
Nyerah ..
Aja.


MATIK! Mendadak badan gw panas dingin mikirin kalo ga dapet bus gimana, kalo pacar gw ditikung teman sendiri gimana? kalo gw nanti punya dua pilihan gimana? Pasti pusing.

Sambil buru-buru mandi dan persiapan lainnya, gw nanya alternative lain ke Bandung.. ada yang bilang travel, atau ke Kp.Rambutan.. Gw numpang Mobilnya Jupe aja boleh? Sambil belah duren.

Jam 19.30 persiapan kelar, abis Maghriban gw langsung gercep pamitan…(bahkan gw baru pamit saat itu juga kalo mau ke Semeru dengan keadaan keril dipikul, tambahan tas kecil didepan, dan bersepatu gunung. Maafkan anakmu Mah, Pah)

Sambil menuju jalan raya gw berdoa supaya bus bener-bener ga terlalu cepet berangkatnya.. Masalahnya gw naik Angkot, belum lagi macheut.. Bawaan udah kaya mau mudik.. AAaaaaakkkkkkkk..

Jam 19.05 masih di angkot, posisi udah deket terminal dan dari jauh samar-samar terlihat pacarku bersama temenku sendiri di pelaminan. LAH? ga punya pacar juga sih, bodo amat.

Terlihat ada bus warna biru udah keluar terminal, tapi karena gw ga pake kacamata, ga terlihat jelas jurusan bus tersebut, mungkin bus lain..

Gw turun dari dari angkot dan lari kaya dikejar Aming, ngomong-ngomong Aming sekarang kemana ya? Lama ga liat di tv, kabarnya sekarang lebih focus ke belakang layar….(?)

Nyampe di terminal, keadaan Bus Depok-Bandung ga keliatan penampakannya, gw pun bertanya kepada rumput yang bergoyang..

“Pak, Bus Depok-Bandung masih ada?” tanya gw.

“Wah, baru aja berangkat, itu masih di lampu merah palingan, naik ojek aja nyusul, belum jauh” Jawab si Rumput sambil goyang-goyang (Rumput : Bapak Tukang Parkir. Tapi dia ga goyang-goyang)

Damn! emang bener tadi yang gw liat bus nya.. Dan naiklah gw ojek menyusul Bus tersebut, yang notabennya terlihat di depan mata, tapi tak dapat kugapai…sedih.

“Pak, susul Bus Depok-Bandung ya, tapi berhenti agak depan lagi aja”

3 menit kemudian kesusul ..
(nanggung banget padahal ngarep ada adegan nyalip-nyalip mobil sambil ngebut dan gw nembakin musuh yang lagi ngejar di belakang)

Alhamdulillah, Bus kesusul, keril taro di bagasi bus, gw naik bus, pake jaket, bayar, kemudian tidur pules…SAMPE BANDUNG…Haha kebo banget.
Bangun-bangun udah deket-deket Terminal Bus Leuwi Panjang, mulai ngabarin tim Bogor kalo gw udah mau sampe…

Dan mereka……………….masih jauh.

Bus sampe di terminal, keadaan tim Bogor belum terdengar sayup-sayup kabarnya, gw pun berdiri dalam sepi..sampai ada balesan kalo mereka mungkin masih 1 jam lebih baru sampe terminal..
Hih..gw kira gw yang bakal telat, taunya takdir berkata lain.. gw emang tepat waktu sih orangnya, haha..sem.

Sambil menunggu gw pun makan-makan emesh di terminal , ditemani ………… ga ada yang nemenin juga sih.

Beberapa jam yang-gw-rasa-cukup-lama kemudian….
Akhirnya mereka datang juga..dengan drama Kang Tebe ketinggalan tempat minumnya pula di bus.. dan hilang bersama kenangan masa lalu. Woooshhhhh~~~~

Tim Depok-Bogor lengkap, saatnya menuju Stasiun Kiara Condong, nyarter angkot.. Dan di tengah perjalanan, Bergabunglah tim Bandung, Frisca dan Kang Ilham..

Sampai di Stasiun Kiara Condong, wuidih, ternyata lumayan banyak orang yang tidur nunggu kereta jam 5, banyak juga para backpacker selain kita (ciyeee~, kita, backpacker). Repacking, sholat subuh, tidur, sarapan dan kegiatan-kegiatan positif lainnya..eyahaha… semakin mendekati keberangkatan pukul  5, orang-orang makin banyak berdatangan..

Dan Kang Away belom dateng...jiahaha..

Tapi kabar-berkabar, rumah Kang Away ga jauh-jauh amat dari stasiun, jadi kalo ga ketiduran, pasti dia ga akan telat, tapi ketiduran pun ga mungkin kata Tebe..
Wah bakal ada drama Kang Away kejar-kejaran kereta kaya di film 5 Cm nih haha...

Weits...sayangnya drama itu ga terjadi, Kang Away datang dengan kerilnya yang kata Kang Ilham dan Tebe, bukan keril yang biasa dibawa.. Kerilnya masih kempes..

Lengkap semua personil, kita mulai ngantri buat masuk ke kereta ..


Dan..jjeng jjeng..Pukul 5 lewat sekian, perjalanan dimulai….

9 komentar:

  1. Hahaahhahahahhahaha anjritttt lo mad yg di inget gstring ,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa yang dibayangin adegan nafas buatan Fedi Nuril ke Saykoji :(

      Hapus
  2. Hahaha gue ngebayangin bang mamade di ojek trs megang pistol hahaha anjir korban film action beut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sambil nembak ada efek slow motion gw nembak dengan ekspresi yang sensual.. Rambut terurai, sambil gigit bibir..
      Bhay..

      Hapus
  3. Gue sih...ngebayangin rumput yg bergoyang sama kalo mamade goyang gmn yaaa ah syudahlah gk usah bayangin mamad goyang bye...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Goyang dribble bang.. Toeng toeng haha...

      Hapus
  4. Njiiirrr duo serigala.. *tiba2 celana sempit

    BalasHapus
  5. Gue cuma bisa ngakak baca ini, sekian

    BalasHapus